Catatan Diskusi “Peran Mahasiswa Kristen Purwokerto di 3 Medan Pelayanan

“Jadikanlah GMKI sebagai pusat kebaktian dan sekolah pemikiran dan ide briliant untuk direalisasikan bagi mereka yang peduli dengan 3 medan pelayanan dengan roh kebangkitan Kristus dan Proklamasi dan  dengan amsal Ut Omnes Unum Sint.” -J. Leimena-

PRESENTASI  HASIL  DISKUSI

Peran Mahasiswa Kristen Purwokerto

di 3 (Tiga) Medan Pelayanan

Moderator  : Standy Christianto (Sekretaris Cabang GMKI Purwokerto)

Pembicara  :

1.  Pdt. J. Daud Balang, M.Th (Pengajar STII Purwokerto)

2.  Drs. Syah Firdaus, M.Si (Dosen FISIP Unsoed Purwokerto)

3.  Nursintauli Magdalena, S.E (ANBTI Jakarta)

 

  • SESI I : “Peran Mahasiswa Kristen Purwokerto di Masyarakat.

(oleh: Nursintauli Magdalena, S.E / Aliansi Nasional Bhineka Tunggal Ika)

“Saya teringat dulu bagaimana sulitnya membangkitkan GMKI yang pernah tertidur tapi sekarang sudah bangun lagi.  Memang GMKI harus ada di tiga wilayah  bukan  hanya  orangnya  tetapi  etika  seorang  GMKI  di  masyarakat, Gereja  dan  Perguruan  tinggi.  Banyak  sebenarnya  yang  bisa  dilakukan mahasiwa di masayarakat. perbaikan itu harus muncul dan lahir dari diri kita sendiri,  supaya  nampak  kekristenan  kita,  supaya  nampak  buah-buah  kasih kita. gerak seorang mahasiswa tidak hanya di perguruan tinggi, bukan hanya di gereja tetapi harus mampu berkembang ke masyarakat sehingga buah-buah kasih Kristus itu pun nampak dari diri seorang mahasiswa Kristiani.”

  •  SESI II : “Peran Mahasiswa Kristen Purwokerto di Gereja”

(oleh: Pdt. J. Daud Balang, M.Th / Pengajar di STII Purwokerto)

“Mahasiswa  itu  adalah  bagian  dari  gereja.  Yaitu  Eklesia  yang  berarti dipanggil  keluar.    Saya  melihat  GMKI  ini  sifatnya  Interdominasi  jadi siapapun  dimanapun  dan  tiap  apapun  bentuk  gereja,  orangnya  bisa bergabung. Hanya  permasalahannya  gereja  belum  siap  sampai  sekarang  ini  dan  sangat alergi sekali kalau ada mahasiswa yang bergabung di GMKI karena menurut pandangan  gereja  ini  akan  mempengaruhi  dalam  hal  bertumbuh  dan berkembang.  pelayanan  mahasiswa  di  tiap  gereja  belum  bisa  dikatakan maksimal.

Interdominasi  itu  penting  dimana  semua  gereja  harus  terlibat didalamnya dan pelayanan mahasiswa ini bukan hanya terkhusus untuk satu gereja.  Pelayanan yang penginjilan itu yang harus menjadi roh nya termasuk untuk GMKI  ini.  dan  apa  yang  menjadi  visi  misi  jangan  sampai  dilupakan.  Kita sebagai  mahasiswa  Kristen  harus  memahami  bahwa  peran  kita  adalah bertumbuh dan pelayanan dalam gereja.”

Dalam hal ini, ada beberapa jenis Liturgi dan semua itu seharusnya diketahui oleh mahasiswa sehingga disaat mereka ditempatkan di gereja manapun dan dengan Liturgi (Tata Ibadah) apapun tidak membuat mahasiswa bingung dengan hal itu. Kalu terjadi kecemburuan? Itu kembali kepada gerejanya dan jangan sampai membuat mahasiswa lupa dengan status mereka sebagai mahasiswa yang mempunyai peran dan tanggung jawab selain di gereja tetapi juga di kampus (Perguruan Tinggi). Jadi, kudu harus seimbang yaa antara Pelayanan di Gereja dan juga Pelayanan di Kampus. Gak boleh berat sebelah atau lebih fokus ke salah satu.

 

  • SESI III : “Peran Mahasiswa Kristen Purwokerto di Perguruan Tinggi”

(oleh: Drs. Syah Firdaus, M.Si)

Shalom!

“Yang namanya GMKI itu tidak lepas dari politik.  Sebenarnya mahasiswa Kristen  itu  cenderung  menagih  apa  arti  dari  bhineka  tunggal  ika?  kenapa? Karena  sampai  sekarang  masih  berkembang  pengkotak-kotakan.    Maka, GMKI itu bukan milik satu gereja tetapi milik semua gereja yang ada.  Kita bukan hanya harus pandai ber-GMKI tetapi kita juga harus cerdas terutama dalam ranah kampus (Perguruan Tinggi). Di negara pluralis, yang dibangun mereka  adalah  pertemanan  dalam  hal  jaringan.  Memang  rumusan masyarakat  itu  belum  rumusan  pluralis.    Jadi,  yang  paling  penting  bagi GMKI adalah tunjukan perilaku yang beretika. Gereja itu bukan gedungnya tapi  orangnya.    Oleh  karena  itu,  ada  yang  harus  dtanamkan  dalam  setiap orang Kristen khususnya kader GMKI yaitu  menjadi kader yang militant.”

PESAN SINGKAT 

  • Oleh Bapak DR. Nur Cahyo (dosen Fakultas Biologi – Unsoed)

“Saya tidak mau berbicara singkat padat dan jelas tapi pengen banyak bicara dan menghimbau anak-anak untuk ber-GMKI ! Gak perlu takut untuk ikut organisasi berbau Kristen. Dengan Tinggi Ilmu, kita mempunyai sesuatu yang tinggi untuk dijual. Ut Omnes Unum Sint!”

  • LPMI Purwokerto

“Kami bersama-sama sebenarnya sudah bergandengan tangan dengan GMKI dari tahun (lupa tahunnya). Namun, sekarang itu sudah mulai luntur. Untuk kedepan, kalau bisa adakan seminar, seperti Seminar Tropical”

 

REFLEKSI

Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus (Galatia 6 : 2)

Dalam hal ini, kaum muda yang akan melanjutkan tongkat estafet perjuangan para pendahulu tentu menjadi alangkah lebih indahnya jika ada persatuan diantara generasi ini. Berbagai fenomena yang terjadi di negeri ini tentu perlu ada solusi-solusi yang segar dan kreatif. Tentu hal ini akan secara maksimal tercapai jika ada kesatuan gerak dan langkah bersama oleh para pemuda di Indonesia. Seperti peristiwa lahirnya sumpah pemuda 1928, peristiwa memperjuangkan proklamasi 1945, hingga reformasi tahun 1998, merupakan perubahan yang diprarkarsai oleh pemuda-pemuda di Indonesia dari berbagai golongan, suku, agama, dan lainnya. Tujuan para pemuda pada saat itu kemudian tercapai saat mereka bersatu dalam satu harapan, satu kepentingan, dan satu perjuangan.


One response to “Catatan Diskusi “Peran Mahasiswa Kristen Purwokerto di 3 Medan Pelayanan

  • Octafianus Citra Perkasa

    Agama kristen adalah agama yang paling sesat didunia. Saya, octafianus perkasa udah muak liat agama gila ini. Ada yg mau debat ama saya? Dateng aja kekantor saya di Melli Darsa Law Firm di Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: