Ramadhan Bergejolak !

Ramadhan Bergejolak ! Sebuah film, seperti juga kesenian umumnya, menjadi indah karena memberi ruang itu dan sang pencipta harus tahu diri di mana dia harus berhenti untuk menjelaskan dirinya. Dengan kata lain sebuah kesenian sebaiknya indah dalam isi dan dalam cara.

Sebelum meninggalkan kota perantauan (setelah wisudaan), gue diundang buat jadi pembicara buat diskusi Film “Tanda Tanya”

Film drama Indonesia yang dirilis pada tanggal 7 April 2011 silam ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo, dan dibintangi oleh pemeran utama: Reza Rahadian dan Revalina S. Temat. Tema dari film ini adalah pluralisme agama di Indonesia, dimana sering terjadi konflik antar keyakinan beragama, yang dituangkan ke dalam sebuah alur cerita yang berkisar pada interaksi dari tiga keluarga, satu Buddha, satu Muslim, dan satu Katolik. Akhir cerita, setelah menjalani banyak kesulitan dan kematian beberapa anggota keluarga dalam kekerasan agama, mereka mampu untuk hidup berdamai. (http://id.wikipedia.org/wiki/%3F_(film))

At least, satu hal yang gue mau bagi adalah pemahaman kita akan negara Indonesia yang memang belum sepenuhnya memahami multikulturalisme. Why?

Keberadaan multikultur memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positif multikultur adalah keberanian untuk dapat menerima perbedaan sebagai sebuah modal serta kekuatan untuk persatuan. Menerima perbedaan bukan hanya dengan kompetensi keterampilan, melainkan lebih banyak terkait dengan persepsi dan sikap sesuai dengan realitas kehidupan yang menyeluruh. Sebaliknya, sisi negatif multikultur adalah munculnya penolakan terhadap yang lain, baik individu maupun kelompok. Hal ini terjadi akibat tidak bisa menerima perbedaan dan perbedaan dianggap menyimpang atau salah. Penafian atau penolakan terhadap yang lain pada hakikatnya adalah pemaksaan keseragaman dan menghilangkan keunikan jati diri yang lain, baik individu maupun kelompok (Astawa, 2005: 58)

Kalo soal film nya sih memang banyak argumen masing-masing. Sama aja kayak Agama, semua tentu punya argumen masing-masing toh?

God bless!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: